Rabu, 02 Januari 2013

Kekalahan Jerman

Mengapa Jerman kalah?
Hitler mengambil inisiatif saat negara-negara Sekutu masih tidak tahu apa dan bagaimana strategi dan niat Hitler. Karena nature dari informasi yang saat itu serba discreet, tidak ada handphone, komputer seperti sekarang, dan lebih terbatasnya informasi dalam satu negara, maka tidak ada pengambil keputusan yang dapat mempengaruhi masyarakatnya dengan luas seperti sekarang.

Bayangkan saja, penduduk AS saat itu mayoritas tidak menginginkan perang, alias netral. Jadi walaupun Inggris sudah diserang oleh Jerman, tetapi AS tidak ingin ikut campur (paling tidak secara formal). Adapun Neutrality Patrol yang diadakan, lebih merupakan pertempuran skala kecil dari kapal perang AS terhadap U-boat Jerman.

Di akhirnya, Hitler harus menghadapi 2 front. Disinilah kekuatan industri Jerman tidak dapat menyaingi AS dan Rusia dikombinasikan. Dengan sumber daya yang terbatas (khususnya minyak) saat itu, dan pemboman yang terus-menerus atas instalasi Jerman, maka kekuatan digdaya ini akhirnya rontok. Satu hal yang penting lagi ialah gagalnya ilmuwan Jerman mengembangkan bom atom (Thank God). Bila saja ada 1 kepala nuklir dimiliki Hitler, maka tentu saja Rusia dan Stalin akan bertekuk lutut. Thank God for this matter (walaupun kita harus akui research nuklir pertama ada di Jerman).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar