Jumat, 11 Januari 2013

Bomber RAF Tidak Berhasil

Potongan cerita ini sebenarnya adalah cuplikan dari ensiklopedi untuk B17. RAF ternyata pada awalnya tidak memiliki bomber berat. Mereka hanya memiliki Vickers Wellington dengan kapasitas 2 ton, serta Short Stirling dan Handley Page Halifax. Avro Lancaster, sebagai Heavy Bomber Inggris pertama baru terbang tahun 1942.

Service dari B17 di RAF adalah kegagalan, karena B17C pertama yang mereka gunakan untuk membom Brest (Prancis) mengalami kegagalan total, dan mereka berkesimpulan B17C ini tidak cocok untuk pengeboman siang hari, dan belum siap.

Akhirnya USAAF (US Army Air Force) tetap memaksa Daylight bombing, dan RAF pun memindahkan 20 B17 yang mereka miliki untuk Coastal Command, yaitu untuk memburu U-boat (kapal selam Jerman).

Rupanya B17 di Inggris lebih berhasil untuk menghancurkan kapal selam daripada sasaran di daratan. B17 pun gagal di Asia Pasifik karena beberapa kali digunakan USAAF untuk membom kapal, tetapi tidak memiliki daya hancur karena bom-bom mereka meleset semua. Lebih baik menggunakan Dive Bomber atau Torpedo Bomber untuk penyerangan kapal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar